Kue Carabikang

16 April 2011

Lihat serat halus pada kue carabikang buatan saya? Memang sih kurang haluuus... mungkin masih jauh dari sempurna, tapi bagi saya, setelah 14 kali percobaan dengan menggunakan 8 macam resep carabikang dari sumber yang berbeda... dan inilah hasil yang menurut saya puaaling memuaskan.

Resep pertama, hanya menggunakan tepung beras... pas dingin, sukses kerasnya. Menul-menul hanya saat dingin. Wah, bagaimana kalau ada yg pesan dalam jumlah banyak? resep dicoret. Lalu saya pakai resep rahasia dari sepupu saya yang bakul kue juga... pakai campuran tepung beras dan kanji, yang dijadikan bahan biang kanjinya... gagal maning. Adonan malah jadi seperti kue lumpur... mana seratmu??? Sebaskom adonan dibuang. Nangis bombay deh saya...

Next day, saya pakai resep my mom, jadi seratnya bagus... tapi adonan gak mau ngantri lama-lama... begitu ngantri adonan ngambek :)) resep coreeeet.... resep dapat lagi dari kaka ipar... felling dari awal, sepertinya resep kurang okeeeh... tapi nekat, coba aja deh... gagaaaaal 100% hahhaa.... dapat lagi dari adik ipar yang katanya punya bude yang berprofesi bakul carabikang, pakai telur segala. Gagal lagi... bikang oh bikang kenapa kau buat aku begini :((

Browsing dan blog walking, dapat lagi dari you tube... adonan pakai BP... gagal juga... dapet lagi resep hasil bongkar-bongkar arsip milis NCC, dapat resepnya mbak Diana Soetjipto Nana, mbaaak terima kasih ya sudah mau baca SMSku malam-malam trus paginya disempetin telpon saya untuk menjelaskan step by step pembuatan resep carabikangnya. Sayangnya... saya gagal lagi... hasilnya tidak sesuai harapan saya. Trus dapat lagi resep dari blognya mbak Conny Herawati, gagal juga... sebenarnya resep mbak Conny inilah menurutku yang paling ok.. tapi kok gagal ya? brarti ada proses yang salah..dan saya harus menemukan dimana kesalahannya...

Dalam memilih resep.... saya selalu mengandalkan felling... entahlah, tapi ini buat saya cukup membantu... salah satu resep yang selalu berhasil saya coba salah satunya adalah resep dari blog mas Budi Sutomo. Terima kasih ya mas, blogmu menginspirasiku :) selalu... dan NCC tengkiuuu NCCers dan big hug untuk mbak Fat :)
Nah,untuk resep Carabikang di atas saya pakai resep punya mas Budi. Bener kata mbak Widya Widyastuti. Carabikang resep mas Budi empuknya awet...meskipun sudah nginep :)

Suami saya bingung kenapa saya ngotot bikin jajan tradisional ini... entahlah, pokoknya kegagalan demi kegagalan membuat saya gemas dan gregetan... saya harus bisa menaklukkannya! Selain itu, saya penggemar berat jajanan tradisional :)) Mosok tho..mbok'e CaBi kalah karo carabikang hehehe.....

Bahan:
  • 350 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 850 ml santan kental dari dua butir kelapa (saya 900 ml)
  • 130 g gula pasir
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/2 sdt pasta pandan/pewarna hijau
  • 1/2 sdt pasta cokelat/pewarna cokelat
  • Minyak goreng untuk olesan (saya tidak pakai, gosok aja cetakan pakai kemiri atau ampas kelapa. Minyak gr atau margarin membuat carabikang tidak mau berserat)

Directions:
  1. Larutkan 3 sdm tepung beras dengan 200 ml santan. Didihkan sambil diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat.
  2. Masukkan gula, garam, tepung terigu dan sisa tepung beras ke dalam rebusan tepung. Aduk rata.
  3. Uleni adonan sambil dituangi 1/2 dari sisa santan sedikit demi sedikit. Tepuk-tepuk (pukul-pukul) adonan dengan telapak tangan selama 40 menit atau hingga adonan terasa ringan. Lalu tambahkan lagi sisa santan terakhir. Diamkan selama 1 jam. --> saya bold karena bagian terpenting ada di proses ini.
  4. Ambil sedikit adonan, tempatkan di dua mangkuk berbeda, tambahkan pasta pandan dan pasta cokelat. Aduk rata.
  5. Panaskan cetakan carabikang, sampai benar-benar panas kalau perlu sampai agak berasap. Tuang adonan hingga setengah dari tinggi cetakan. Beri motif dengan adonan berwarna hijau atau cokelat di atasnya. Panggang TANPA DITUTUP hingga matang.
  6. Cungkil bagian sisinya hingga kue merekah, angkat. Hidangkan hangat.
Untuk ukuran cetakan besar jadi 15 pcs

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Welcome to Dapur CaBi Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino